Tanaman Herbal Azalea, Hangatkan Tubuh dan Atasi Batuk

khasiat tanaman azalea
Tanaman Azalea mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan saponin berkhasiat mengatasi rematik dan batuk, serta menghangatkan tubuh (Foto: Paco Garin via flickr.com for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Tubuh yang hangat diyakini bisa meningkatkan imun dan ketahanan seseorang terhadap serangan influenza dan sejenisnya. Selain itu, tubuh yang tetap hangat di cuaca dingin akan menjaga fungsi organ tetap normal.

Salah satu tanaman herbal yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kehangatan tubuh adalah Azalea. Ya, tanaman hias berbunga indah yang sering kita lihat di taman.

Dikutip dari dokumen milik Pusat Studi Biofarmaka, IPB Bogor, tanaman Azalea punya nama lokal: saliyah, asalea (Jawa). Nama latinnya Rhododendron simsii, dari famili Ericaceae.

Tanaman ini sering ibudidayakan sebagai tanaman hias atau penghias taman. Azalea hidup baik di dataran rendah atau dataran tinggi, di tanah yang subur dan gembur dengan sinar matahari penuh.

Azalea termasuk tanaman berbunga sepanjang tahun dan tergolong dalam semak-semak dengan tinggi bisa mencapai satu meter.

Batangnya bulat dengan banyak cabang. Daunnya tunggal berbulu halus. Bunganya tunggal, berkelompok, berwarna merah muda, putih, merah. Buahnya lonjong dan bijinya bulat kecil-kecil.

Azalea bisa didapatkan di penjual tanaman hias. Perbanyakannya bisa dengan stek batang, biji atau cangkok.

Bagian tanaman yang berkhasiat adalah daun, akar, dan bunga (segar maupun kering).

Tanaman Azalea mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan saponin. Khasiatnya bisa untuk mengatasi rematik dan batuk, serta menghangatkan tubuh.

Ilmu kedokteran tradisional Tiongkok bahkan merekomendasikan daun Azalea berkhasiat membuang zat-zat beracun, mencegah pembentukan dahak dan menghentikan batuk. Juga penghilang rasa sakit, penghilang angin, pereda rematik, bisul dan pengencer batuk berdahak.

Resep Sederhana

1. Rematik

10 gram daun segar dipotong-potong lalu dicuci.  Kemudian rebu daun Azalea dengan 400 ml air sampai tersisa setengahnya. Lalu saring dan airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari dua kali.

2. Batuk
 
60 gram daun segar dicuci. Lalu daun direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Saring lalu airnya diminum sekaligus. Minum sehari dua kali pagi dan sore.(bersambung)


John 

Baca pula