Calincing atau Semanggi, Obat Luka juga Pengusir Bau Mulut

manfaat calincing atau semanggi

Tumbuhan calincing atau semanggi punya beragam manfaat, misalnya menghilangkan bau mulut, obat luka luar, bahkan mengatasi kencing batu. (Foto: BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Tumbuhan calincing atau semanggi biasanya tumbuh liar dan tergolong tanaman gulma. Tetapi manfaatnya beragam, misalnya menghilangkan bau mulut, obat luka luar, bahkan mengatasi kencing batu.

Sebelum menjabarkan manfaatnya, ada baiknya mengenal dahulu tumbuhan calincing yang sering diabaikan keberadaannya di alam ini.

Nama lokalnya bermacam-macam. Di Jawa disebut semanggi gunung (semanggi) atau rempi. Lalu di Sumatera disebut daun asam kecil atau orang menyebut lela. Orang Maluku menamakannya dengan mala-mala.

Dalam istilah Cina disebut cu jiang cao, dalam bahasa Inggris dinamai creeping woodsorrel. Sedangkan nama latinnya Oxalis corniculata, dari famili Oxalidaceae.

Dikutip dari dokumen milik Pusat Studi Biofarmaka, IPB Bogor, calincing termasuk tanaman merambat, dengan panjang bisa mencapai 10-35 centimeter.

Tanaman ini tumbuh liar di beragam tempat, terutama pada tanah yang lembap, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (sampai 3.000 meter di atas permukaan laut).

Batangnya lunak bercabang-cabang. Pada tanah yang kering, batangnya sedikit mengeras dan daunnya mengecil.

Daunnya berjenis majemuk berbentuk seperti jantung, jumlah daunnya biasanya tiga helai dalam satu tangkai. Bunganya lima (5) helai membentuk payung, berwarna kuning.

Buahnya kotak lonjong berwarna kemerahan bila sudah masak.

Bagian yang digunakan untuk obat adalah seluruh bagian tanaman. Mulai daun, batang, akar, bunga.

Ada beragam senyawa yang dikandung semanggi. Zat-zat itu bermanfaat antara lain memiliki efek anti racun, antibiotik, anti inflamasi.

Dari manfaat senyawa-senyawa yang dikandung itu, tanaman ini sering digunakan untuk obat luka, obat bisul, demam, influenza, diare, hepatitis, infeksi saluran kemih. Juga untuk penurun tekanan darah tinggi dan menghentikan perdarahan.

Calincing alias semanggi bisa juga untuk obat kumur guna menghilangkan bau mulut.

Namun perlu diperhatikan, jumlah yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan, karena tanaman ini mengandung asam oksalat yang sifatnya beracun.

Beberapa resep sederhana calincing sebagai tanaman obat sebagai berikut:

1. Menghilangkan Bau Mulut

Segenggam kecil tanaman semanggi segar direbus dengan air, kira-kira dua gelas air. Lalu air rebusannya untuk kumur-kumur.

2. Obat Luka Bakar, Luka Gigitan Serangga atau Bisul

Tanaman semanggi segar secukupnya digiling (ditumbuk) halus. Selanjutnya hasil gilingan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit atau luka.

3. Menghentikan Pendarahan

Sejumput tumbuhan calincing segar digiling (ditumbuk) halus lalu ditambah air kemudian diperas. Air perasan itu diminum dengan madu secukupnya.

4. Hepatitis

Sekitar 15-20 gram tanaman calincing direbus, lalu airnya diminum (untuk sekali minum). Konsumsi sehari dua kali.

5. Kencing Batu

Sejumlah 60 gram tanaman semanggi segar dan 60 mililiter arak manis dipanaskan. Jumlah itu lalu dibagi tiga untuk diminum tiga kali dalam sehari.

Demikian beberapa resep sederhana berbahan calincing alias semanggi. Semoga bermanfaat.

Yosi Arbianto
 
Baca pula: